tampilan slide show

Minggu, 14 September 2014

USULAN TEST CPNS KALTARA 22 SEPTEMBER 2014

TANJUNG SELOR, PEMPROV KALTARA - Kabar Pelaksanaan test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) DI Pemprov Kalimantan Utara. Dipastikan jadwal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan mulai 22 September hingga 31 Oktober. Pelaksanaan tes TKD dimulai tanggal 22 bulan ini sampai 31 Oktober nanti," jelas Kepala Biro Kepegawaian (BKD) Provinsi Kaltara, Muhammad Ishak, Jumat (5/9). Pelaksanaan tes ini akan mengambil tempat di laboratorium CAT milik Pemprov Kaltara, di Jalan Durian, Tanjung Selor. Perlu diketahui, laboratorium tersebut telah dilengkapi sebanyak 51 unit komputer. Juga, difasilitasi dengan ruang pengawasan yang dilengkapi dengan monitor pemantau CCTV. Dirincikan Ishak, dalam pelaksanaan tes nantinya jumlah peserta tes akan dibatasi hanya 200 orang per harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemungkinan gangguan pada server komputer. "Kita sudah melaksanakan ujicoba sendiri dan juga berdasarkan ujicoba di daerah lain bahwasanya jumlah 200 peserta sangat memungkinkan server bisa bekerja maksimal. Kalau lebih daripada itu ditakutkan mengalami down," terangnya. Pihaknya meyakini, rentang waktu pelaksanaan tes tersebut secara keseluruhan mampu mengakomodir jumlah peserta yang ditaksir mencapai ribuan. Untuk diketahui berdasarkan catatan yang dihimpun Tribun di BKD Kaltara hingga pukul 16.00 wita kemarin, jumlah pelamar yang telah melaksanakan registrasi pendaftaran online mencapai 5.972 orang. Berikut yang menyerahkan berkas tanda bukti registrasi jumlahnya mencapai 4.000 orang. Sedang yang terverifikasi, jumlahnya sebanyak 1.231 berkas. Yang terverifikasi itu yang sudah pasti mengikuti tes TKD. Sementara sisanya tentu menunggu kesempatan masing-masing sampai jadwal penyerahan berkas rampung.
Untuk jumlah formasi sendiri, Pemprov Kaltara dijatah Kemenpan-RB kuota sebanyak 300 formasi. Kuota 300 formasi tersebut disetujui berdasarkan 919 jenis/nama jabatan yang ada yang terdapat dalam aturan BKN. Di samping itu, BKN pun mengakomodir kualifikasi pendidikan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi lokal di Kaltara. 
Untuk diketahui, pelamar yang dinyatakan lulus, secara otomatis dapat mengikuti tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) di laboratorium CAT Pemprov Kaltara di Jalan Durian, Tanjung Selor.
Adapun Tes Kompetensi Bidang (TKB) sejauh ini belum belum dapat dipastikan. Jika waktu memungkinkan, tes ini pun akan diterapkan setelah rampungnya tahapan tes TKD yang diperkirakan akan berakhir pada Desember mendatang.
“Ini belum pasti. Jikalaupun nantinya diterapkan, maka ada syarat khusus. Pelamar baru bisa ikut TKB jika sudah memenuhi passing grade di TKD. Kemudian jumlah minimal peserta yang lulus TKD untuk mengikuti TKB minimal tiga kali formasi dari peserta yang memenuhi passing grade tes TKD. Jika jumlah peserta yang memenuhi passing grade TKD lebih sedikit dari julah formasi, tidak harus dilakukan TKB,” rincinya.
 
Terimakasih.

18 komentar:

  1. Selamat sore, mohon Informasi untuk pengambilan kartu peserta secara Online, agar bisa di cetak langsung secara online sesuai dengan komitmen pertama panselnas dan sscn bahwa kartu peserta dapat di cetak langsung secara online, mengingat jarak yang sangat jauh bagi pelamar luar kota, dan juga setidaknya setelah nomor peserta keluar ada pembagian jadwal untuk tes dari rentan waktu 22 september s.d 31 oktober , jadi kami peserta luar kota bisa atur tanggal keberangkatan ke sana. dan harap bisa di umumkan via website ataupun blog kaltara. demikian masukan dari kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar bu Hera..
      saya akan juga sangat kesulitan apabila harus mengambil kartu peserta di pemprov Kaltara, mohon permasalahan ini disikapi dengan bijak oleh panitia.
      terima kasih

      Hapus
    2. saya kira juga bisa cetka ol seperti dimenu, atau kalo memang tidak nanti pengambilan maksmal 2 hari sebelum ujian, tapi jadwal ujiannya harus pasti dulu agar luar daerah bisa mengatur perjalanannya..

      Hapus
  2. PELAKSANAAN UJIAN
    1. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan melalui situs online
    http://sscn.bkn.go.id dan website www.kaltaraprov.go.id.
    2. Peserta yang lulus seleksi administrasi dapat mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).
    3. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi dapat mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian
    melalui situs online http://sscn.bkn.go.id.
    4. Syarat mengikuti ujian dengan membawa:
    a. KTP asli,
    b. Ijazah asli,
    c. Transkrip nilai akademik asli, dan
    d. Kartu tanda peserta ujian.
    5. Apabila peserta ujian tidak membawa persyaratan sebagaimana tersebut pada point (4), peserta
    tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur.
    6. Pengumuman dan jadwal ujian dapat dilihat di situs online Provinsi Kalimantan Utara
    www.kaltaraprov.go.id atau di media cetak.
    7. Apabila peserta ujian tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, peserta tidak dapat
    mengikuti ujian dan dinyatakan gugur.
    8. Materi ujian terdiri dari:
    a. Tes Kompetensi Dasar (TKD) :
    1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
    2) Tes Intelegensi Umum (TIU).
    3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
    b. Tes Kompetensi Bidang (TKB) (Jika Waktu Memungkinkan)
    1) TKB dilaksanakan setelah Pelamar/peserta seleksi dinyatakan telah memenuhi
    nilai ambang batas/Passing Grade Tes Kompetensi Dasar (TKD).
    2) Jumlah minimal peserta yang lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk
    mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) sekurang-kurangnya 3 (tiga) kali
    Formasi dari peserta yang memenuhi nilai ambang batas/passing grade Tes
    Kompetensi Dasar (TKD).
    3) Apabila jumlah peserta yang memenuhi nilai passing grade Tes Kompetensi
    Dasar (TKD) lebih sedikit dari jumlah formasi, tidak harus dilakukan Tes
    Kompetensi Bidang (TKB).
    9. TKD diikuti oleh semua pelamar umum yang memenuhi persyaratan administrasi yang
    telah ditentukan.

    BalasHapus
  3. Mohon untuk kartu peserta dapat dikirim balik karena pada saat pengeposan kami melampirkan amplop balasan seperti yang direkomended pegawai pos. Mohon kebijaksanaannya untuk kami yang berada di luar kota bulungan

    BalasHapus
  4. selamat sore...
    sekarang sudah tgl 18 september 2014. sedangkan ujian pada tanggal 22 - 31 september 2014. dimohon kepada panitia untuk mengumumkan nama2 peserta yang mengikuti ujian pada tanggal 22 dan seterusnya, agar peserta yg dari luar kota bulungan dapat mengatur jadwal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usulan yg bagus itu sangat2 Setuju. Tp ralat tanggal 22 sept s/d 31 oktober mksudx mkin.

      Hapus
    2. saya juga sependapat... dimohon kepada panitia utnuk mengumumkan nama peserta yg mengikuti tes dari tgl 22 sept, kami yg di luar bulungan spy dpt mengatur perjalanan..

      Hapus
  5. ia,,,agar waktu biaya dan tenaga dapat disiapkan,,,,jgn dadakan

    BalasHapus
  6. apakah pelaksanaan test cpns untuk prov. Kaltara sudah pasti tanggal 22-31 agustus....mohon informasinya yg jelas......

    BalasHapus
  7. koreksi mas 22 sept-31 okt tesx,,,jgn ngaco,,,,adminx mana ya??tolong dong admin jdwal tex direlease,,,jgn menimbulkan kegalauan nasional,,,hehehehe

    BalasHapus
  8. kapan ne min terakhr pengambilan krt tesx supy qt yg dr luar kaltara bis mngatur jadwal . mhn infox.

    BalasHapus
  9. Verifikasi data pelamar tes CPNS Kaltara 2014 ter-update sejumlah 5.922 orang. Mengacu pada pengajuan permohonan rentangan waktu penetapan jadwal pelaksanaan tes yang rencana akan dilaksanakan tgl 22-30 September 2014 tidak dapat mengakomodir jumlah peserta tes karena dibatasinya jumlah peserta tes 200 org/hari dengan fasilitas komputer 51 unit dengan pertimbangan antisipasi server down. Secara matematis waktu yg dibutuhkan utk peserta tes jika 200 org/hari dengan jumlah total 5.922 paling tidak memakan wkt 29,61 hari atau sekitar 29 1/2 hari. Jadi hal seperti ini mungkin bisa menjadi perhatian dan pertimbang khusus bagi penitia pelaksana agar dapat menghindari dan meminimalisir kekurangan maupun human error yg tidak diinginkan. Demikian terima kasih

    BalasHapus
  10. Banyak yg manja neh calon PNS. Ikut aja prosedur, panitia pasti lg repot jgn banyak komplain. Bagaimana mau melayani masyarakat nanti klo dah jadi PNS?

    BalasHapus
  11. Anonim : Kamu dr Bulungan ya...??? Makanya tdk pernah merasakan repotnya dan mahalnya mondar mandir bagi pelamar dari luar Kalimantan.Masak untuk ngambil Nomor Peserta Ujian saja harus keluar duit 3 jutaan buat tiket pesawat+speed Tarakan-Tanjung Selor...

    BalasHapus
  12. klo tdk mau repot jangan daftar om gitu aja repot .... panitia lg sibuk urusin berkas orang ribuan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw...betul tuh....
      mau test aja ribut...emang yakin lah udah pasti lulus ujian CAT :D

      banyakin belajar aja dulu dripada ribut ngurus no test...

      ntar juga pasti kluar tuh jadwal,,,cuman gak tau kapan aja lg keluarnya :p ...

      ngerti lah dikit semua ada prosesnya,panitia juga perlu persetujuan dari BKN dlu baru bisa netapkan kapan testnya...

      note : saya juga dari luar kaltara,

      Hapus